• Facebook
Comments


Shorcut dan hot key berfungsi untuk mudahkan pengguna dalam mengerjakan sesuatu. OS Windows 7 pun menyediakan Anda berbagai jenis shortcut. Namun, apakah shortcut yang menjalankan perintah untuk membuka CD/DVD rom bisa dibuat secara default?
Biasanya, shortcut dibuat untuk menjalankan sebuah aplikasi. Oleh karena itu, untuk membuat shortcut tersebut, Anda juga membutuhkan sebuah aplikasi. Untuk itu, terdapat sebuah aplikasi bernama nircmd yang bisa membuat komputer Anda menjalankan perintah tersebut. Nircmd bisa Anda unduh di link ini.
Selanjutnya, Anda klik kanan pada desktop lalu New > Shortcut. Selanjutnya akan muncul sebuah box yang meminta Anda untuk memasukkan lokasi aplikasi yang ingin dibuat shortcutnya. Di situ, Anda perlu mengetikkan lokasi dengan format berikut:
“Lokasi\nircmd.exe” cdrom open D:
Dalam gambar di bawah, cdrom memiliki direktori di drive E:

Berikutnya, Anda perlu mengganti tampilan dari shortcut tersebut dan hot key. Anda tinggal klik kanan pada shortcut tersebut, dan klik Properties. Lalu arahkan kursor pada Shortcut Key dan tekan hot key yang ingin Anda buat.


Categories:

Leave a Reply